menu +
q
u
i
c
k
a
c
c
e
s
s
Launching Website Baru Versi Beta

Website Perpustakaan

Dalam momen perpindahan Perpustakaan ke Lantai 8, 9, dan 10 di Gedung Merah dan masih dalam nuansa baru di tahun 2014, terhitung mulai hari Rabu tanggal 18 Juni 2014 pukul 08.00 WIB, website Perpustakaan STIKOM telah berganti desain dengan tampilan baru (versi beta). Dengan bergantinya website Perpustakaan ini, tentunya ada beberapa fitur baru pada website ini.

Fitur-fitur tersebut antara lain, penambahan menu pencarian untuk Katalog Online, dimana jika dulu hanya koleksi Buku yang bisa dicari, maka sekarang semua koleksi bisa dicari secara online.

Selain itu, fitur lainnya adalah koleksi baru yang terdiri dari Buku, Majalah, Software dan Tugas Akhir. Dengan penambahan ini, tentunya pengunjung website bisa lebih terbantu apabila membutuhkan informasi tentang koleksi baru.

Selain fitur-fitur diatas, website Perpustakaan STIKOM ini sudah mendukung fitu Responsive, yang mana website Perpustakaan ini bisa dibuka di berbagai gadget/smartphone yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan ukuran gadget/smartphone tersebut.

Berikut adalah beberapa website tools untuk mengecek fitur responsive :

STIKOM Institutional Repository

Selain website resmi Perpustakaan STIKOM, kami juga launching website STIKOM Institutional Repository (SIR) dengan alamat http://sir.stikom.edu. Website ini merupakan upgrade dari website http://digilib.stikom.edu yang sampai saat ini masih tetap diakses, tetapi konten-konten terbaru akan di-upload ke website http://sir.stikom.edu.

Website terbaru SIR ini berbasis Eprints yang memang menjadi standar internasional dalam membangun repositori institusi. Dalam website SIR ini, semua koleksi yang ada bisa diunduh secara full text tanpa harus melakukan login terlebih dahulu. Ini dikarenakan Perpustakaan STIKOM merujuk ke Open Access. Menurut http://www.cs.cornell.edu/wya/DigLib/MS1999/glossary.html, bisa diartikan Open Access adalah "Semua sumber daya (paper, ebook, jurnal etc) yang tersedia secara bebas untuk pengguna dan bebas diakses secara gratis alias tanpa membayar".

Kami akan terus melakukan penyempurnaan dan penambahan fitur. Kritik, saran dan pelaporan kesalahan serta celah keamanan dapat disampaikan melalui email ke perpus[at]stikom.edu.